Membangun Tim Kerja / Team Work Yang Solid

blog-image

Bagaimana Cara Membangun Tim Kerja Yang Solid ?

1. Membangun kepercayaan dan saling menghormati

Sebagai tim yang berarti terdiri dari beberapa orang yang memiliki pemikiran dan pendapat masing-masing harus bisa tetap saling menghormati satu sama lain. Dengan saling percaya dan saling menghormati yang kuat akan mempermudah bekerja sama.

2. Fasilitasi komunikasi tim

Komunikasi sangat penting untuk tim mana pun. Harus ada aliran informasi dari satu anggota tim ke anggota lain, tetapi ini tidak berarti Anda harus mengatur pertemuan setiap saat. Sebaliknya, melakukan diskusi yang berharga tentang pendapat anggota tim, mengambil saran, dan menanyakan tentang masalah anggota jauh lebih bermanfaat. Juga, perhatikan baik-baik keluhan mereka dan tawarkan bantuan kapan pun Anda bisa. Berkomunikasilah secara menyeluruh, dan jangan melibatkan ego atau rasa superioritas Anda setiap kali melakukan percakapan terkait pekerjaan.

3. Membuat reward

Dalam sebuah perusahaan diperlukan penghargaan kepada anggota tim yang telah melakukan pekerjaan dengan sangat baik untuk memacunya agar lebih bersemangat dalam bekerja. Begitu juga dengan anggota tim lain yang akan ikut semangat mendapat reward.

4. Memiliki Tujuan dan Visi yang Sama

Sebelum membentuk tim, tentu akan dibuat yang namanya tujuan kerja. Apa yang harus diperoleh dan apa yang harus dicapai dengan terbentuknya tim kerja. Dengan adanya tujuan kerja, akan memotivasi anggota tim untuk berkolaborasi dalam mencapai tujuan tersebut. Dengan catatan, setiap anggota harus mengerti peran dan tujuan dari kerja tim agar kerja sama dapat terjalin dengan baik.

Selain itu, pastikan juga jika semua anggota memiliki visi dan misi yang sama. Jika pemimpin dan semua anggotanya memiliki visi dan misi yang sama, hal tersebut akan memudahkan tim dalam meraih tujuan kerja. Jika memiliki ketidaksamaan visi, justru akan menimbulkan perselisihan yang akan menghambat proses pencapaian tujuan kerja tim.

5. Memiliki Komitmen

Komitmen memang sangat dibutuhkan dalam suatu kerja tim. Adanya komitmen ini, akan membuat semua orang memiliki rasa semangat untuk mencapai tujuan dan target akan cepat tercapai.

Lalu bagaimana jika ada salah satu anggota yang tidak memiliki komitmen? Hal tersebut akan menyebabkan ketidakseimbangan dan menghambat kerja tim. Jadi, perlu untuk dilakukan diskusi pribadi saat ada anggota yang terpuruk atau tertekan.

6. Adanya Kompetensi

Semua anggota memiliki kompetensi yang berbeda-beda. Agar tim memiliki kekuatan besar untuk menyelesaikan pekerjaan, maka dibutuhkan kemampuan khusus dari masing masing anggota tim.

Kolaborasi akan berjalan baik jika semua orang bekerja secara bersama. Jika memang ada anggota yang masih kurang berkembang, maka diperlukan training untuk mengembangkan kompetensi anggota tersebut.

Selain adanya kesamaan visi, rasa percaya dan saling menghargai akan membuat tim menjadi solid dan kuat. Tim yang solid adalah tim yang akan bertahan dan terus bergerak maju. Untuk itu, komitmen sangat dibutuhkan untuk mengetahui seberapa kuat tim akan bertahan dengan banyaknya hambatan. Semua itu dapat dilakukan secara perlahan agar tim yang solid bisa terbentuk sempurna.

Ada banyak sekali hal hal penting dalam dunia kerja yang harus kamu ketahui, termasuk bagaimana cara membangun tim kerja yang solid. Karena kebanyakan pekerjaan, biasanya dilakukan bersama sama untuk hasil yang lebih baik. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini di medsosmu, agar semua orang tahu pentingnya belajar tentang dunia kerja. Semoga sukses selalu.

Sumber: https://www.liputan6.com/, https://www.beecloud.id/