Development Python dengan Virtualenv

blog-image

Selamat siang kawan, kali ini saya ingin berbagi soal virtualenv di python. Apa sih fungsi dan kenapa developer python harusnya pakai alat satu ini. Mari kita bahas bersama kawan.

Apa itu Virtualenv ?

Virtualenv atau Virtual Environment (Lingkungan Virtual) adalah tool yang digunakan untuk mengisolasi lingkungan python. Lingkungan python disini yang di maksud meliputi binary (executable), library dan semua package yang di install oleh package manager python seperti pip dan easy_install.

Jika kamu sudah pernah menggunakan pip, salah satu tool yang digunakan untuk menginstall aplikasi atau library python, hasil install dari paket yang di unduh oleh pip akan terinstall di folder python yang berada pada system (/usr/lib/python2.7/). maka dari itu, jika kita menjalankan pip tanpa virtualenv dan menggunakan user selain root maka akan terjadi error karena user selain root tidak punya akses ke folder python yang berada di system.

Selain itu, virtualenv juga membuat system kita tetap bersih dari library yang tidak dibutuhkan oleh aplikasi berbasis python lain. Dengan virtualenv kita juga bisa membuat tiap tiap project python kita memiliki library yang berbeda beda.

Cara Menginstall Virtualenv

Untuk menginstall virtualenv, di linux cukup menggunakan perintah ini

sudo pip install virtualenv
  • Jangan lupa pip harus ada di ubuntu temen2 ya 🙂

Cara Membuat Virtualenv

Setelah virtualenv terinstall, kita bisa membuat lingkungan python yang terisolasi. kita bisa membuat di dalam folder manapun, sebagai contoh saya akan membuat di dalam folder /tmp.

Untuk membuat virtualenv, kita perlu masuk terlebih dahulu ke dalam folder yang akan kita gunakan sebagai penyimpanan virtualenv kita.

virtualenv .env
New python executable in .env/bin/python
Installing setuptools, pip, wheel…done.

.env adalah nama folder virtualenv, di dalam folder tersebut terdapat file binary dan beberapa library python. nama folder tersebut tidak baku, tidak harus .env, tapi saya biasanya menggunakan nama itu. Dengan begini kita sudah memiliki lingkungan python yang terisolasi.

Cara Mengaktifkan Virtualenv

Sebelum dapat digunakan, virtualenv perlu diaktifkan terlebih dahulu, caranya adalah dengan perintah seperti dibawah ini :

source [namafolder]/bin/activate

[namafolder] adalah nama folder virtualenv milikmu, seperti yang saya contohkan tadi, saya menggunakan folder .env. Sebagai tanda bahwa virtualenv kita sudah aktif, maka akan ditandai dengan nama folder di dalam kurung, seperti contoh punya saya adalah (.env).

Virtualenv ini hanya aktif pada sesi terminal yang sedang terbuka, apabila kita membuka terminal baru / tab terminal baru, kita perlu mengaktifkanya kembali.

Cara menonaktifkan Virtualenv

Untuk menonaktifkan virtualenv cukup mudah, hanya dengan perintah

deactivate

maka virtualenv akan nonaktif, dan library python yang akan digunakan adalah library yang berada di sistem.

Semoga tulisan saya ini dapat menginspirasi dan membantu kamu dalam memahami apa itu virtualenv di python.