Lebih Dekat dengan Clubhouse

blog-image

Apa sih Clubhouse?

Clubhouse adalah salah satu aplikasi mobile berbasis audio-chat. Pengguna bisa mengobrol, berdiskusi dengan orang lain dengan berbagai topik. Seperti podcast tetapi live, lebih interaktif karena bisa bersahut-sahutan dan sifatnya eksklusif. Tak ada gambar, video ataupun text, hanya ada suara / audio.

Ruang obrolan atau conversation room ini seperti conference call. Ada yang bicara, ada yang mendengarkan. Obrolan selesai, ruang obrolan pun ditutup.

Aplikasi yang diluncurkan Maret 2020 ini, pada Mei 2020 telah memiliki 1.500 pengguna, dan bernilai 100 juta dollar AS. Kemudian update hingga 1 Februari 2021, Clubhouse telah memiliki 2 juta pengguna. Setelah mengumpulkan dana baru sejak diluncurkan, Clubhouse kini bernilai 1 miliar dollar AS, dan dianggap sebagai startup Unicorn seperti AirBnb, Uber, dan SpaceX.

Aplikasi ini hanya untuk pengguna iphone. Meskipun demikian, pengguna tidak bisa begitu saja mengunduhnya dari App Store dan membuat akun. Namun pengguna harus diundang untuk bergabung dengan anggota yang sudah ada. Pengguna harus bergabung secara langsung atau live karena percakapan tidak dapat disimpan. Siapa pun yang ingin bergabung harus diundang oleh seseorang yang sudah memiliki akun. Disarankan untuk men-download-nya pun yang berusia diatas 17 tahun.

Bagaimana cara kerja Clubhouse?

Clubhouse menciptakan tempat di mana orang dapat bertemu untuk menjadi host, mendengarkan, atau bergabung dengan percakapan dalam aplikasi komunitas. Begitu membuka aplikasi akan ada beberapa ruang obrolan yang sedang aktif dari berbagai topik dan ada siapa saja disana. User juga bisa membuka obrolan sendiri atau ikut gabung dengan obrolan yang sedang aktif. Tiap ruang obrolan mempunyai moderator, pembicara dan pendengarnya. Moderator bisa mengatur siapa saja yang boleh berbicara, dan pendengar juga bisa mengacungkan tangan untuk mengeluarkan suaranya.

Cara join

Untuk bergabung atau join suatu percakapan, pengguna masih dapat mengunduh aplikasi dan dapat memasukkan nama mereka dalam daftar tunggu, tetapi tidak ada jaminan bahwa mereka akan mendapatkan akun. Jika mendapat undangan, pengguna akan melihat tautan yang dikirim ke nomor telepon yang mengarahkan ke halaman pendaftaran di aplikasi. Pengguna Clubhouse tidak bisa mengirim undangan ke siapa saja yang ingin bergabung. Pengguna yang sudah ada hanya memiliki dua undangan yang tersedia pada awalnya.

Prokontra Clubhouse

Clubhouse viral sendiri dikarenakan banyak negara yang memblokir aplikasi tersebut. Contohnya saja China padahal aplikasi ini cukup populer di negara China sendiri. China resmi memblokir Clubhouse pada tanggal 8 Februari 2021.

Dikutip TechCrunch, clubhouse telah mendapatkan kritik di Amerika Serikat karena kurangnya proteksi untuk pencegahan penyalahgunaan. Atas fakta ini, tidak heran Clubhouse diblokir China untuk menekan penyebaran informasi yang dianggap tidak pantas oleh pemerintah.

Aplikasi ini hanya sebentar berada di App Store China, setelah peluncurannya pada September 2020 lalu. Namun pada bulan Oktober, aplikasi ini menghilang dari App Store di China. Hingga kini belum ada kejelasan informasi, siapa yang menarik aplikasi itu dari App Store.

Bagaimana dengan Indonesia?? Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi mengatakan, sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkung Privat, setiap Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE)harus mendaftarkan diri ke pemerintah. Namun karena Clubhouse sampai saat ini belum terdaftar, banyak dugaan kalau Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan memblokir Clubhouse. PSE yang diatur dalam PM nomor 5 Tahun 2020 adalah mereka yang memberikan layanan, melakukan usaha, dan sistem elektroniknya tersedia di Indonesia.

Berdasarkan peraturan tersebut, Clubhouse harus mendaftar dengan diberi waktu enam bulan, di mana Kominfo telah memberi waktu sejak 24 November 2020.

Namun peluang akan diresmikannya Clubhouse di Indonesia ini kecil, dikarenakan Clubhouse sendiri masih kurang dalam hal proteksi keamanan penyalahgunaan pada obrolan.

Sumber:

  1. https://www.kompas.com/tren/read/2021/02/17/164803765/ramai-clubhouse-siapa-saja-yang-bisa-join-dan-bagaimana-caranya?page=all
  2. https://inet.detik.com/mobile-apps/d-5377198/apa-itu-clubhouse-asal-usul-cara-kerja-dan-gabungnya?tag_from=wp_nhl_17
  3. https://inet.detik.com/law-and-policy/d-5377645/clubhouse-bisa-diblokir-di-indonesia-ini-penjelasan-kominfo?tag_from=wp_nhl_11
  4. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210209102909-185-604035/aplikasi-clubhouse-dipopulerkan-elon-musk-diblokir-china