Mengakrabkan Bisnis Dengan SEO

blog-image

Pada awal tahun 2020 ini dunia dilanda sebuah pandemi virus COVID-19 yang memiliki dampak besar terhadap sektor bisnis. banyak usaha yang mengalami penurunan drastis dalam usahanya, bahkan tidak sedikit pula yang harus gulung tikar akibat pandemi COVID-19 ini.

Meskipun saat ini keadaan berangsur membaik dengan menerapkan sebuah “kebiasaan baru”, namun usaha-usaha kecil dan menengah harus merangkak kembali membangun usaha mereka ditengah “kebiasaan baru” ini. salah satu “kebiasaan baru” yang harus dilakukan adalah menjaga jarak dan menghindari kerumunan orang. lalu banyak pertanyaan muncul seperti “Bagaimana cara usaha atau bisnis baru yang dikelola ini mampu memiliki dan mejangkau pelanggan baru?” dan jawaban yang paling mungkin dilakukan pada saati ini dan mungkin akan menjadi trend dimasa mendatang adalah melalu Digital Marketing. dengan Digital Marketing, jual beli bisa dilakukan secara online.

Namun tidak berhenti samapi disitu saja, pertanyaan baru akan muncul “jika semua usaha atau bisnis beralih ke Digital Marketing, bagaimana cara suatu usaha atau bisnis muncul kepermukaan agar dilirik oleh consumen?”. sebenarnya banyak sekali hal yang harus dilakukan sebelum melakukan pemasaran secara digital agar tepat sasaran dan bisa muncul dipermukaan diantara lautan usaha atau bisnis lainnya, salah satunya adalah dengan SEO (Search Engine Optimization).

SEO merupakan sebuah cara mengoptimasi website bisnis atau usaha Anda agar mendapatkan ranking teratas pada hasil pencarian di mesin pencari seperti Google. Keuntungan yang didapat apabila usaha atau bisnis Anda berada pada posisi teratas pencarian yaitu traffic kunjungan pada website bisnis atau usaha akan meningkat dan berpotensi mendatangkan penjualan atau sales yang tinggi.

Bagaimana cara SEO bekerja ?

Sebuah mesin pencarian seperti Google biasanya memliki sebuah pola algoritma tertentu untuk menempatkan suatu hal sehingga bisa berada diposisi teratas pencarian.

Untuk memberikan hasil pencarian agar lebih relevan dan solutif untuk penggunanya, Google selalu memperbaarui algoritmanya. terhitung dari 2011 hingga saat ini setidaknya sudah ada 8 major update untuk algoritma pencariannya.

Oleh karna itu, untuk memaksimalkan pemanfaatan SEO pada usaha atau bisnis Anda, Anda harus selelu mencari tahu tentang perkembangan algoritam yang diterapkan oleh Google. seperti misalnya dahulu salah satu cara agar website usaha atau bisnis Anda berada diposisi atas pencarian yaitu dengan keyword stuffing.

Keyword stuffing merupakan sebuah praktik memasukkan focus keyword sebanyak-banyaknya pada sebuah artikel. Taktik ini dulu cukup efektif, bahkan jika konten Anda singkat dan tidak relevan sama sekali dengan focus keyword yang Anda masukkan. Namun, dengan pembaruan algoritma Google, kini taktik tersebut tidak lagi efektif. Bahkan Anda bisa terkena penalti jika ketahuan mempraktikkannya dan konten Anda bisa dianggap berisi spam jika terlalu banyak mengulang focus keyword.

Terdapat 8 indikator yang mempengaruhi cara kerja SEO :

1. Struktur URL

Struktur URL yang sederhana akan memudahkan mesin pencari untuk mengenali website bisnis atau usaha Anda dan topik utama yang Anda bahas. Cukup mengandung nama domain dan judul artikel pada struktur website bisnis atau usaha Anda. Contoh struktur URL yang ideal seperti

https://www.namawebsite.com/judulkonten

2. Penggunaan SSL/TLS

Google mulai mengutamakan website yang menggunakan SSL/TLS Sejak 2014, sebab website dengan SSL/TLS mengenkripsi semua transfer data yang terjadi di website tersebut, jadi keamanan data pengguna lebih aman.

Google Chrome juga telah menandai website tanpa SSL/TLS sebagai not secure. sekarang adalah saat yang tepat untuk menggunakan SSL/TLS.

Cara mengetahui apakah website Anda sudah memakai SSL/TLS atau belum adalah melihat alamat website di browser. Website yang sudah mengaktifkan SSL/TLS, alamat websitenya diawali dengan HTTPS, sedangkan jika masih diawali dengan HTTP, artinya website Anda belum menggunakan SSL/TLS.

3. Konten

Konten merupakan hal yang sangat penting untuk menarik perhatian customer. Isi konten yang bagus dan menarik akan membuat customer nyaman dengan website bisnis atau usaha Anda dan akan berkunjung kembali pada website bisnis atau usaha Anda.

Buatlah konten yang saling berkaitan, seperti misalnya tema website bisnis atau usaha Anda traveling, maka setidaknya konten Anda seputar kuliner, tempat wisata dan penginapan. ketiga topik tersebut saling berkaitan dengan topik utama website bisnis atau usaha Anda.

4. Search Intent

Search intent atau maksud pencarian adalah apa yang diinginkan oleh kebanyakan pencari terhadap satu kata kunci tertentu. Satu kata kunci bisa dimaksudkan untuk dua hal yang berbeda atau lebih. Contohnya “bola”, maka hasil pencarian teratas Google yaitu berita seputar sepak bola bukan website yang membahas pengertian bola, jenis bola, macam-macam bola dipencarian teratasnya, karena mayoritas pengguna yang mencari kata kunci “bola bermaksud untuk mencari berita bola, bukan pengertian bola dan jenis-jenisnya. Jadi Google mengutamakan konten yang sesuai dengan search intent kebanyakan pengguna.

5. Struktur Konten

Selain menyesuaikan konten dengan search intent, Anda juga harus membuat konten yang mudah dipahami. Mudahkan pembaca dalam menemukan jawabannya di konten Anda dengan struktur yang jelas dan rapi.

Tambahkan Gambar, poin-poin serta video untuk memudahkan dan menarik bagi pengunjung.

6. Meta Tags

Meta tags terdiri dari Title Tag dan Meta Description yang berfungsi untuk membantu Google dalam memahami keseluruhan konten pada sebuah halaman website.

Title Tag adalah judul artikel Anda yang muncul di hasil pencarian, sedangkan Meta Description adalah teks yang merangkum konten Anda di hasil pencarian, teks ini terletak tepat di bawah judul dan URL artikel.

Backlink masih menjadi salah satu faktor utama SEO. Google akan menganggap website bisnis atau usaha Anda memiliki kredibilitas tinggi apabila banyak backlink ke website bisnis atau usaha Anda.

8. Kecepatan Web

Semakin cepat loading website, maka semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan ranking lebih tinggi di hasil pencarian Google. karena sejak 2018 Google menetapkan kecepatan loading website sebagai salah satu indikator utama SEO.

Jenis-Jenis SEO

Terdapat dua jenis SEO, yaitu SEO on page dan SEO off page, yang mana eduanya sama-sama penting dan saling berkaitan.

SEO On Page

SEO on page adalah langkah-langkah optimasi SEO yang dilakukan di dalam website bisnis atau usaha Anda. Berikut merupakan langkah optimasi SEO on page, yaitu: permalink, judul konten, struktur konten, penggunaan heading, kecepatan website, tema responsif, hingga internal linking.

SEO Off Page

SEO off page adalah sejumlah langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar website bisnis atau usaha Anda. Ada banyak faktor di luar website yang bisa berpengaruh terhadap kualitas SEO Anda, jadi mengoptimasi konten dan website bisnis atau usaha Anda saja belum cukup. Salah satu faktor di luar website yang cukup mempengaruhi kualitas SEO adalah backlink atau inbound link.

Kenapa SEO Itu Penting?

Saat ini SEO bukanlah suatu pilihan, melainkan sudah menjadi kewajiban untuk semua website. Lalu apa manfaatnya untuk website bisnis atau usaha Anda?

1. Trafik Didominasi Konten di Halaman Pertama

Muncul di hasil pencarian Google saja tidak cukup. Infront Webworks menjelaskan bahwa “91,5 persen trafik didominasi oleh website yang muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Lebih detail lagi, 91,5 persen trafik tersebut didominasi oleh tiga posisi teratas. Secara berurutan, posisi pertama, kedua, dan ketiga masing-masing mendapatkan trafik sebesar 29,6 persen, 13,1 persen, dan 9,2 persen”.

2. Website Anda Ditemukan Melalui Berbagai Kata Kunci

Website Anda akan lebih mudah ditemukan dari berbagai kata kunci apabila menerapkan SEO dan Anda juga dapat menjangkau audience yang lebih luas lagi yang sedang mencari topik yang berkaitan dengan website usaha atau bisnis Anda.

3. Mesin Pencari adalah Sumber Informasi

75 persen pengguna internet di Indoensia sudah terbiasa menggunakan mesin pencari seperti Google untuk mencari berbagai macam informasi, dari informasi harga, berita, informasi kesehatan, hingga informasi politik.

4. Trafik Organik Lebih Mudah Dikonversi

Kemudahan untuk konversi (conversion) merupakan salah satu alasan mengapa SEO begitu penting untuk berbisnis. Pengunjung yang datang secara organik cenderung lebih mudah dikonversi menjadi leads atau pelanggan. “trafik organik 10 kali lebih mudah dikonversi dibandingkan trafik dari media sosial” menurut data SimilarWeb.

5. Brand Awareness dan Kredibilitas Meningkat

Sebanyak 88 persen konsumen melakukan riset online sebelum melakukan pembelian. Keadaan ini menuntut pemilik bisnis untuk bisa memiliki brand awareness yang baik agar bisa selalu ditemukan di dunia maya. Sehingga semakin mudah website usaha atau bisnis Anda ditemuka, maka akan semakin banyak orang yang mengetahui tentang usaha atau bisnis Anda.

Jadi apakah sudah Siap Menerapkan SEO Pada Usaha atau Bisnis Anda?


Sumber:

https://idwebhost.com/blog/panduan-seo-lengkap-2020/

https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-seo/

https://apjii.or.id/survei2017

https://www.infront.com/blog/the-infront-blog/value-of-first-page-google-results

https://www.thinkwithgoogle.com/consumer-insights/consumer-journey/the-zero-moment-of-truth-macro-study/

https://searchengineland.com/report-search-drives-10x-traffic-shopping-sites-social-media-246448