Perkembangan Virtual Reality dapat membantu kehidupan.

blog-image

Hari gini tidak tau VR? Ingin tau VR itu apa? dan ingin tau perkembangan dan peluang perkembangannya bagaimana saja? Simak tulisan ini lebih lanjut.

Apa itu VR

apa-itu-vr.png

Virtual Reality atau yang biasa disingkat VR adalah teknologi yang dapat membuat penggunanya berinteraksi dengan suatu lingkungan ke dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment) sehingga pengguna dapat merasakan apa yang ada di dalam lingkungan tersebut. Umumnya VR menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan di sebuah layar komputer, selain pengalam visual VR juga mengikutsertakan pengalaman audio, seperti suara melalui speaker atau headphone.

Perkembangan & Peluang Teknologi VR

perkembangan-dan-peluang-vr-berkembang.png

Pada tahun 2016 Virtual Reality atau yang biasa disingkat VR menjadi salah satu tren yang sangat terkenal.

Banyak perusahaan yang sudah mengembangkan teknologi ini termasuk Google, Facebook, Sony, dan lain-lain.

Sejatinya VR telah banyak digunakan oleh pelaku industri seperti kedokteran, pendidikan, militer, arsitek, hiburan, penerbangan, dan lain sebagainya.

Seperti halnya di industri arsitek, semisal sebuah perusahaan property membuatkan simulasi untuk pelanggan, alih-alih mendatangkan langsung pelanggan ke rumah yang ingin dijual maka VR bisa menghadirkan simulasi keliling rumah atau house tour ke para pelanggan, sehingga kunjungan house tour dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Pemanfaatan VR juga sangat membantu di bidang militer dan penerbangan, sebagai contoh, tentara tidak perlu terjun langsung ke medan perang untuk latihan melainkan para tentara bisa memanfaatkan teknologi VR sebagai simulasi perang, begitu juga dengan para pilot yang bisa berlatih menerbangkan pesawat melalui virtual.

Di Indonesia sendiri diketahui bahwa Museum Bank Indonesia telah menerapkan teknologi VR pada pengelolaannya, dimana pengunjung museum akan diberikan perangkat VR untuk menikmati pertunjukan video-mapping Museum Bank Indonesia secara interaktif.

Dampaknya angka kunjungan Museum Bank Indonesia menaik karena pengalaman baru ini banyak diminati oleh pengunjung.

Peluang perkembangan teknologi ini sangat lah besar, contohnya jika saja teknologi ini bisa di kembangkan untuk ilmu kedokteran itu akan sangat membantu untuk simulasi bedah, perawatan dsb.

Contoh lain adalah pengembangan game menggunakan teknologi VR seperti game FPS (First Person Shooter) yang tengah di gemari banyak kalangan, bagaimana jika game tersebut sudah dapat dimainkan di VR rasanya akan seperti di dalam peperangan sungguhan dan mungkin akan ada alat seperti pakaian khusus agar lebih terasa jika terkena tembakan.

VR bisa digunakan dikembangkan sebagai media sosial, bisa dibayangkan jika kita ingin mengobrol dengan teman kita menggunakan teknologi VR layaknya bertemu langsung padahal di rumah masing-masing, terlebih lagi di saat masa pandemi kita bisa mengadakan pertemuan daring namun terasa seperti bertemu langsung walau hanya di dalam dunia VR.

Sumber : wikipedia, codepolitan