Jaringan 5G Akan Tred di Tahun 2021

blog-image

Apa Itu Teknologi 5G ?
Beberapa tahun ke belakang, telah sering terdengar perkembangan jaringan ponsel terbaru, yaitu 5G. Ada beberapa keunggulan jaringan 5G, misalnya jaringan dapat terhubung dengan peralatan rumah tangga, telepon, dan mobil serta memiliki kecepatan jaringan 5G yang bisa mencapai 800 Gbps per detik sehingga kamu bisa download 30 film dengan kualitas HD (high definition) dalam hitungan detik.

Apa sebenarnya 5G itu?

5G adalah konektivitas internet seluler generasi kelima yang menjanjikan kecepatan pengunduhan dan pengunggahan data yang jauh lebih cepat, jangkauan yang lebih luas dan koneksi yang lebih stabil.

Jaringan ini memanfaatkan spektrum radio dengan lebih baik dan memungkinkan lebih banyak perangkat untuk dapat mengakses internet seluler pada saat yang bersamaan.

Bagaimana cara kerjanya 5G ?

Ada sejumlah teknologi baru yang mungkin diterapkan, tetapi standarnya belum ditetapkan untuk semua protokol 5G. Pita frekuensi yang lebih tinggi, 3.5GHz (gigahertz) hingga 26GHz dan lebih tinggi dari itu, memiliki banyak kapasitas tetapi panjang gelombangnya yang lebih pendek bisa berarti jangkauannya lebih rendah. Hal itu memungkinkan jaringan saat ini lebih mudah diblokir oleh objek fisik.

Oleh karena itu penciptaan teknologi baru kemungkinan akan diterapkan, misalnya dengan membuat beberapa tiang telepon yang lebih kecil, yang diletakkan lebih dekat ke tanah untuk mentransmisikan apa yang disebut sebagai “gelombang millimeter” antara jumlah pemancar dan penerima yang jauh lebih tinggi. Ini akan memungkinkan kepadatan penggunaan yang lebih tinggi. Sayangnya teknologi itu mahal dan perusahaan telekomunikasi belum sepenuhnya berkomitmen mengembangkannya.

Seberapa cepat laju 5G?

Jaringan seluler 4G tercepat saat ini menawarkan rata-rata sekitar 45Mbps (megabit per detik), meskipun industri ini masih berharap dapat mencapai 1Gbps (gigabit per detik = 1.000Mbps). Pembuat chip Qualcomm menganggap 5G dapat mencapai kecepatan penelusuran dan unduhan sekitar 10 hingga 20 kali lebih cepat dalam kondisi dunia nyata. Namun pernyataan itu bertolak belakang dengan hasil penelitian saat ini.

Dengan 5G, pengguna kemungkinan bisa mengunduh film definisi tinggi dalam waktu satu menit atau lebih saja. Ada juga jenis jaringan Standalone 5G yang diperkirakan akan memiliki frekuensi yang sangat tinggi yaitu 30GHz, namun sayangnya jaringan ini dipastikan belum akan tersedia dalam beberapa tahun ini.

Mengapa 5G dibutuhkan?

Dunia terus berubah dan umat manusia mengonsumsi lebih banyak data setiap tahun, terutama seiring meningkatnya popularitas streaming video dan musik. Pita spektrum yang ada semakin padat, yang menyebabkan kerusakan dalam layanan, terutama ketika banyak orang di daerah yang sama mencoba mengakses layanan seluler online pada saat yang sama.

5G jauh lebih baik dalam menangani ribuan perangkat secara bersamaan, dari ponsel hingga sensor peralatan, kamera video hingga lampu jalan pintar.

Negara-negara yang Sudah Implementasikan 5G

Amerika Serikat

Meski kecepatan 5G dan jangkauannya di Amerika Serikat masih jauh dari sempurna, jaringan 5G bisa diakses di sejumlah kota besar di Negeri Paman Sam. Hingga saat ini, hanya ada tiga operator utama yang menyediakan 5G yaitu Verizon, T-mobile and AT&T

Kanada

Di Kanada, 5G belum menjadi jaringan utama. Jaringan 5G hanya bisa diakses di dua kota yakni Calgary and Endmonton melalui dua operator yaitu Bell and Telus.

Australia dan Selandia Baru

Warga Australia bisa menikmati jaringan 5G di sepanjang pantai timur dengan operator utamanya yakni Telstra. Tetapi, kecepatan jaringan 5G lebih cepat bisa diakses di Sydney, Melbourne, Newcastle, Brisbane, Townsville, dan sejumlah kota yang populer dikunjungi turis di sepanjang pantai timur.

Inggris

Jaringan 5G di Inggris bisa dinikmati warganya hampir di semua kota besar. Empat operator utamanya adalah Vodafone, O2, Three, dan EE.

Irlandia

5G bisa diakses di sejumlah kota besar antara lain Dublin, Limerick, Waterford, Wexford, dan Cork. Adapun, penyedia jaringannya adalah Vodafone dan Eir.

Eropa

Mayoritas Negara di kawasan Eropa Barat sudah menikmati teknologi 5G, tetapi jaringan ini tidak tersedia di semua negara di Uni Eropa. Negara-negara misalnya Austria, Swiss, Jerman, Belgia, Belanda, dan Polandia sudah memiliki jaringan 5G. Sebaliknya, Prancis dan negara-negara lainnya belum memiliki.

Asia

Asia Jaringan 5G bisa ditemukan di banyak Negara di Asia misalnya China, Thailand, Jepang, dan Korea Selatan. Korea Selatan adalah salah satu dari beberapa negara di Asia yang menyediakan jaringan G secara komersial pada tahun lalu. Meski belum ada konsenses atas siapa yang membuka akses teknologi pertama kalinya di Asia pada 2019, warga di Negeri Ginseng ini bisa menikmati cepatnya jaringan ini berkat SK Telecom, KT and LG U+.

5 HP 5G Terbaik 2020 - 2021

1. Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Resolusi QHD+ kembali dipertahankan dan kali ini didukung refresh rate 120Hz. Fitur ini seharusnya tidak akan menguras begitu banyak daya baterai 5.000 mAh miliknya lantaran Galaxy S21 Ultra menawarkan refresh rate yang merentang sampai 120Hz. Sistem kamera juga dirombak di mana kali ini ia mendapatkan autofocus berbasis laser serta menyematkan dua sensor telefoto yang salah satunya mampu memperbesar gambar secara optikal hingga 10x. Dan untuk pertama kalinya, HP 5G terbaik dan termewah ini mendukung input dari S Pen.

2. Samsung Galaxy S21+ 5G

Pada Samsung Galaxy S21+ 5G ini refresh rate 120Hz masih dipertahankan, tapi kini gunakan skema adaptive yang akan menyesuaikan kecepatan layar dengan aktivitas yang Anda jalankan secara otomatis. Tak perlu lagi kecewa dengan unit varian Exynos, karena Exynos 2100 yang memperkuatnya sanggup membalap Snapdragon 888 dari segi performa. Director’s View adalah fitur teranyar yang harus Anda coba untuk memaksimalkan kapabilitas sistem kamera HP 5G terbaik ini. Mengingat ia kini tidak lagi didukung slot microSD, kami sarankan Anda memilih varian storage internal 256GB alih-alih 128GB.

3. Apple iPhone 12 Series

Tiba dengan formasi kuartet, iPhone 12 series menyediakan model dengan rentang harga cukup panjang demi mengakomodir semua penggunanya. Performa tentu semakin kencang berkat dorongan dari motor utamanya, A14 Bionic. Desainnya kaku menyiku, tapi jadi terasa solid dan unik dibandingkan ponsel lain. Apple memperkenalkan Ceramic Shield, lapisan khusus yang disebut-sebut lebih kuat dibandingkan Gorilla Glass standar. Dan ini berlaku untuk semua model iPhone 12 yang ada yaitu iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max. Inovasi lain disodorkan oleh departemen kameranya yang kini memperkenalkan sensor LiDAR. Sensor untuk kepentingan augmented reality yang kemungkinan bakal diadopsi brand lain. HP 5G terbaik ini sayangnya masih mengunci jaringan 5G dikarenakan regulasi pemerintah. Jadi, sampai infrastruktur 5G siap digunakan, Anda harus puas memanfaatkan konektivitas seluler maksimal di 4G LTE.

4. OPPO Reno5 5G

Juga diperkuat oleh Snapdragon 765G, Reno5 5G yang dirilis untuk pasar Indonesia dibanderol lebih terjangkau dibandingkan vivo X50 Pro. Produk ini adalah jawaban dari OPPO bagi konsumen yang mendambakan HP 5G terbaik di kelas mid-range. Kendati begitu, jaringan 5G ponsel ini baru akan diaktifkan apabila pemerintah sudah resmi membangun dan menggulirkan infrastruktur jaringan tersebut. Dengan layar AMOLED full HD+ serta sertifikasi Widevine L1 miliknya, ponsel multimedia ini bisa Anda manfaatkan sebagai jendela utama tatkala menikmati konten-konten seru yang ditawarkan Netflix dan Amazon Prime dalam resolusi yang tajam. Didukung oleh daya tahan impresif serta SuperVOOC 2.0 yang sanggup menyemburkan daya listrik hingga 65 Watt.

sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190212205848-37-55173/apa-itu-teknologi-5g, https://teknologi.bisnis.com/read/20200719/84/1268042/mau-tahu-ini-negara-negara-yang-sudah-implementasikan-5g, https://id.priceprice.com/harga-hp/news/HP-5G-9311/