Ubuntu LTS 20.04.2 Dengan Kernel HWE 5.8

blog-image

Release LTS HWE 20.04

Setiap dua tahun pada bulan April Ubuntu biasannya merilis versi LTS ( Long Term Support - Dukungan Jangka Panjang), yang pembaruannya disediakan selama periode lima tahun (untuk versi server). Versi LTS Ubuntu 20.04 LTS dirilis pada April 2020 dan pada awalnya menggunakan dengan Linux Kernel 5.4. Secara jadwal harusnya versi Kernel HWE ( Hardware Enablement Stack ) pada 11 Februari 2021 - Tapi pagi ini 6 Februari 2021 kita akan mencobanya. HWE kernel Linux yang lebih baru yang mendukung hardware yang lebih baru.

Perbedaan Kernel GA / HWE

Versi kernel Ubuntu LTS ada 2 yaitu kernel GA dan HWE, apa sih perbedaanya:

  1. Kernel GA dengan pembaruan keamanan lima tahun Versi Kernel GA (General Availability) adalah versi kernel yang disertakan dengan rilis pertama versi Ubuntu LTS. Untuk Ubuntu 20.04, misalnya, ini adalah Kernel Linux 5.4. Pembaruan keamanan disediakan untuk versi kernel ini selama lima tahun.
  2. Kernel HWE dengan pembaruan keamanan enam bulan Versi kernel HWE (Hardware Enablement)) adalah versi kernel yang lebih baru daripada kernel GA. Untuk versi kernel HWE, pembaruan keamanan hanya tersedia enam bulan setelah rilis. Versi Kernel HWE berikutnya kemudian akan ditingkatkan secara otomatis. Versi Kernel HWE terbaru adalah versi Kernel GA dari rilis utama LTS berikutnya. Oleh karena itu, pembaruan keamanan akan diberikan untuk waktu yang lebih lama.

Install HWE Kernel

Saat menginstal ulang Ubuntu Server 20.04.2 atau yang lebih baru, Anda dapat memilih di awal penginstalan apakah GA Kernel 5.4 atau Kernel HWE yang lebih baru (“Boot dan Instal dengan HWE Kernel”). Akan tetapi bagi anda yang sudah menggunakan ubuntu 20.04 sebelum HWE ini release, maka kita tetap bisa menginstall dengan perintah :

sudo apt-get install --install-recommends linux-generic-hwe-20.04  

Sangat sederhana, tinggal Anda tunggu aja - lalu reboot :)

Check hasil install

Setelah Anda berhasil install dan reboot ubuntu Anda, lalu coba buka terminal dan check versi kernel dengan perintah :

uname -r

Harusnya akan muncul veri 5.8.0-42-generic atau yang lebih baru lagi